Kemolekan Ducati Panigale 1199 Raih Penghargaan Khusus

Milan, KompasOtomotif – Ducati Panigale 1199 tak cuma berhasil menarik perhatian pecinta otomotif, tetapi juga para pemerhati budaya di Italia. Superbike dengan desain cantik itu memenangi penghargaan Compasso d’Oro, yang diselenggarakan tiga tahun sekali untuk mencari warisan budaya turun-temurun (heritage) asli Negeri Pisa.

Panigale pun dinobatkan sebagai sepeda motor pertama yang memenangi penghargaan yang digagas ADI Foundation ini. Sebelumnya, jika dilihat dari historis pemenang, tak pernah sekalipun berasal dari produk otomotif. Kebanyakan perabot rumah tangga seperti sofa atau kursi kantor, atau barang-barang yang lebih mengandung nilai seni.
Barang-barang yang diberi penghargaan ini akan diakui sebagai kekayaan seni budaya nasional oleh Kementerian Kebudayaan di Italia. Compasso d’Oro sudah diselenggarakan sejak 60 tahun lalu, dan saat ini memasuki penyelenggaraan yang ke-23. Pemenangnya sudah lebih dari 300 benda yang diakui sebagai warisan budaya.

Untuk edisi kali ini, penganugerahan diberikan di Milan, 28 Mei 2014 lalu, dengan meregistrasi 270 produk. Dipilih beberapa pemenang, dan salah satu pemenangnya untuk kategori desain adalah Panigale.

Alasan resminya, dikatakan bahwa ”sepeda motor ini berhasil mentransfer level performa kompetisi menjadi produksi massal yang elegan, dan konsisten dengan citra merek yang membawa unsur budaya”. Entahlah apa artinya, mungkin jika ditransfer ke kata-kata lebih ringkas, sepeda motor ini kencang dan cantik.

Related Posts:

0 Response to "Kemolekan Ducati Panigale 1199 Raih Penghargaan Khusus"

Poskan Komentar