Menikmati Buasnya Tenaga Mobil Keluarga Eksotis

Jakarta, KompasOtomotif - Terkadang model dengan karakter stationwagon atau estate, kerap diidentikan dengan mobil keluarga. Asumsi yang timbul biasanya hanya dibekali tenaga seadanya. Tapi, jangan sekali-kali meremehkan Porsche Panamera S. Karakter boleh stationwagon, namun tampilan dan semburan daya sangat kentap aura sport.

Tentunya tak sembarang tampil eksotis, di balik kap disematkan mesin V6, 3.000 cc, biturbo, yang mampu menyemburkan tenaga 420 PS dan torsi 520 Nm. Daya sebesar itu dialirkan melalui transmisi PDK (kopling ganda) tujuh percepatan. Diklaim, mobil ini bisa melesat 0-100 kpj hanya 5,1 detik dan kecepatan maksimum 287 kpj.

Torsi
Saat KompasOtomotif mencobanya pekan lalu, ternyata tenaga dan torsi besar tersebut memberikan sensasi tersendiri, dan bisa jadi "candu" bagi para penggila kecepatan. Raungan mesin V yang khas mampu memacu adrenalin. Tentunya ditambah dengan akselerasi hasil dari torsi berlimpah. 

Percobaan pertama hanya sekedar mencicipi semburan torsi besar pada model normal. Mulai dari posisi diam, pedal gas langsung dibejek hingga mentok. Seketika itu pula kepala langsung menempel di sandaran, seperti dijambak ke arah belakang. Ingin sensasi lebih, tinggal aktifkan mode sport. Entakan hampir mirip, bedanya perpindahan gigi dibuat rapat sehingga terasa lebih responsif. 

Bahkan awak KompasOtomotif, saat mencoba di jalan tol pukul 01.00 WIB dini hari, sempat "khilaf". Dari posisi langsam 40 kpj, pedal gas langsung dibejek hingga mentok, dan dalam waktu yang tidak lama, jarum spidometer sudah menunjuk 240 kpj. Seketika itu pula pedal gas langsung dilepaskan karena alasan keamanan. Padahal mesin masih mampu mengirimkan tenaga untuk melaju lebih cepat lagi.

Jinak
Kendati memiliki tenaga besar dan torsi berlimpah, namun ketika diajak untuk "jalan-jalan santai", Panamera S masih tergolong "jinak". Artinya tidak ada kesan "ndut-ndutan" dan masih bisa digas secara halus. Hal tersebut bisa dilakukan karena ada mode pengaturan karakter bukaan gas, transmisi dan suspensi, yang tersedia dalam 3 pilihan, normal, sport dan sport plus.

Kesimpulan
Kendati memiliki karakter stationwagon, namun sosok Panamera S yang dibekali tampilan eksotis, ternyata bisa berbicara banyak dalam hal tenaga. Performa tersebut mengingatkan saat awakKompasOtomotif mencoba C63 AMG yang juga berkarakter serupa (stationwagon).

Meski punya daya yang tergolong buas, Panamera S masih nyaman diajak jalan santai. Termasuk dalam kondisi macet.

Related Posts:

0 Response to "Menikmati Buasnya Tenaga Mobil Keluarga Eksotis"

Poskan Komentar